blog ur life !!

BLOG UR LIFE : take a few minute of ur time to share info.

Rabu, 05 Januari 2011

On The Job Training II

On The Job Training sama aja artinya seperti PKL pada kuliah umumnya. Saya dan teman-teman dari Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia memiliki program Praktek Kerja Lapangan atau biasa kami sebut On The Job Training (OJT). Program ini tiap tahun dari sekolah kami dan tempatnya pun berbeda-beda sesuai dengan tingkat kami sudah dimana belajarnya. Untuk kelas saya, ATC, kami ada bagian ADC, APP non radar, dan APP radar.

OJT pertama saya adalah Bandar Udara Juanda, Surabaya. Di sana ramai sekali pergerakan pesawat, baik yang militer maupun sipil, yang terjadwal dan tidak terjadwal. OJT pertama saya selama 4 bulan. Cukup lama untuk waktu OJT, tapi sangat menyenangkan dan sangat seru. Saya jadi bertambah paham dalam mengontrol lalu lintas udara pada situasi yang real. Sangat berbeda pada saat di lab di sekolah saya. Mungkin karena belum ada bayangan bagaimana kondisi realnya dalam mengatur pesawat dan komunikasi langsung dengan pilot. Tapi begitu di lapangan, ternyata dengan ilmu yang sudah saya dapat di lab terlihat tidak sesulit saat belajar di lab. Bagi saya mengontrol menjadi seru dan sebuah keasyikan tersendiri. Sampai-sampai kalau sudah duduk dan komunikasi dengan pilot sampai tidak terasa bahwa sudah 2 jam bekerja. Apalagi kalau trafficnya ramai, makin tidak berasa.
Untuk ATC, waktu kerja harus dibatasi. Maklum karena untuk mengontrol lalu lintas udara sangat diperlukan konsentrasi yang penuh. Karena bersangkutan dengan keselamatan penerbangan. Bayangkan saja, pilot selalu report kepada ATC tentang posisi, dan ATC pun harus bisa mengarahkan pilot harus melakukan apa. Bayangkan jika ATC sudah mencapai tingkat jenuh, dia tidak bisa konsentrasi penuh lagi akibat lelah, sehingga dia salah menyebutkan instruksi kepada pilot. Lalu apa yang akan terjadi pada pesawat tersebut ??bagaimana nasib penumpang dan crew dalam pesawat tersebut ??Cukup menakutkan. Oleh karena itu, 2 jam adalah waktu yang cukup untuk ATC bekerja, lalu digantikan oleh rekannya yang lain sampai 2 jam berikutnya kemudian istirahat, begitu selanjutnya.

Sekarang saya sedang menjalankan OJT kedua, yaitu bagian APP non radar. Saya memilikh Semarang untuk OJT kedua saya. Mengapa semarang ? Karena selain jaraknya yang tidak begitu jauh dari rumah saya, tangerang,  kondisi traffic di sini juga cukup ramai. Banyak pesawat yang overflying, karena posisi Bandar Udara Ahmad Yani ini sering dilewati apabila ada flight dari Jakarta- Surabaya dan sekelilingnya begitu juga sebaliknya. Sulitnya lagi, APP di bandara ini adalah non radar. Jadi tidak tersedia fasilitas radar monitor. Sehingga kita harus bisa membayangkan di mana posisi pesawat-pesawatnya. Oleh karena itu, laporan dari pilot sangatlah penting agar bisa membantu kita mengetahui di radial dan di jarak berapa pesawat itu berada. Sehingga kita bisa mengarahkan dan mengetahui apakah pesawat yang satu aman jaraknya dengan pesawat lainnya dengan radial sekian dan jarak sekian. Wah, pasti membayangkannya saja sulit dari tulisan saya ini.haaa. Tapi tidak sesulit itu kok. Kalaupun kita sudah mendapat ilmunya dan pemakaian separasi yang tepat, kita pasti bisa untuk mengatur pergerakan trafficnya, meskipun dari mental picture kita saja.

Untuk OJT ketiga nantiii.. humm.. masih belum tau kapan. Tapi yang ketiga ini bagian Radar. Jadi kita bisa dibantu dengan fasilitas radar untuk mengatur trafficnya. Tapi yang pasti lebih banyak lagi pergerakan trafficnya, karena salah satu alasan mengapa bandara tersebut menggunakan fasilitas radar yah karena trafficnya yang sangat padat sehingga perlunya fasilitas radar itu. Contohnya, Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta, Bandar Udara Juanda Surabaya, dan lainnya.

3 komentar:

  1. Mbk anik,..semoga anak saya kelak bisa gabung masuk STPI jurusan keselamatan pnb studi PLLU,.
    sekarang jadi ATC dibandara mana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf bu, saya baru balas. Hehee. Baru nemu lagi akunnya 😅
      Alhamdulillah saya pns di bpsdmp kemenhub pusat bu, gimana kabar anak ibu?

      Hapus
  2. Mbk anik,..semoga anak saya kelak bisa gabung masuk STPI jurusan keselamatan pnb studi PLLU,.
    sekarang jadi ATC dibandara mana ?

    BalasHapus